Jumat, 03 April 2009

KEPERAWATAN PROFESIONAL

KEPERAWATAN PROFESIONAL

Menurut Chinn Yacobs (1983)

Profesi adalah suatu pekerjaan yang memerlukan pengetahuan khusus dalam beberapa bidang ilmu, melaksanakan peran yang bermutu di masyarakat. Melaksanakan cara-cara dan peraturan yang telah disepakati olrh anggota profesi.

Menurut Oemar Hamalik (1986)

Profesi adalah suatu pernyataanatan janji terbuka, bahwa orang akan mengabdikan dirinya kepada suatu jabatan /pekerjaan karena orang tersebut terpanggil untuk menjabat pekerjaan itu.


PROFESIONALISASI

Suatu ideologi yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan yang dapat ditemukan dalam kelompok pekerjaan yang berbeda-beda dimana anggotanya mengharapkan status profesional.

Semua Profesi

Semua profesi harus memiliki :
a.Memiliki proses profedionalisasi yang berkelanjutan dengan evaluadi revesi.
b.Harus sensitif dan responsif terhadap kritik umum yang berhubungan dengan pekerjaan tugas dalam rangka pelayanan terhadap masyarakat.

Masyarakat menilai apakah oekerjaan itu bersifat profesional atau tidak.

KARAKTERISTIK PROFESI
( Abraham Flexner 1915 )

Karakteristik profesi adalah sebagai berikut.
1.Aktifitas yang bersifat vimtelektual
2.Berdasarkan ilmu pengetahuan
3.Digunakan untuk tujuan praktek pelayanan
4.Dapat dipelajari
5.Terorganisasi secara internal
6.altruistic ( mementingkan orang lain )

CIRI-CIRI PROFESI

a.Pekerjaan dilakukan secara menetap (seumur hidup)
b.Pekerjaan yang dilakukan dengan motifasi kuat untuk melakukan pekerjaan itu dan tidak mendapat kepuasan bila tidak melakukan pekerjaan itu (penggilan jiwa)
c.Memiliki keterampilan khusus yang menyangkut ilmu dan seni
d.Keputusan berdasarkan prinsip/teori dalam kegiatan profesional selalu membuat keputusan untuk menghadapi dan merencanakan sesuatu
e.Berorientasi kepada pelayanan, prilaku kegiatan profesionbal itu harus selalu diarahkan untuk mrmbantu memnuhi kebutuhan kesehatan manusia, agar manusia dapat melaksanakan fungsi kehidupan
f.Pelayanan berdasarkan kebutuhan obyektif (fakta)
g. mempunyai otonomi dalam menentukan tindakan. mempunyai wewenang/kebebasan dalam menentukan kegiatannya tidak perlu dikontrol ol;eh profesi lain
h.Memliki standar etika dan standar praktek profesiaonal dalam prilaku kegiatan praktek profesional harus menerapkan nilai-nilai yang baik dan benar, sertya menggunakan ketentuan prilaku yang disepakati olreh profesi.
i.Mempunyai wadah yang berbentuk organisasi kegitan profesi.


KRITERIA UMUM PROFESI

Schein & Kommers (1972)

Pelayanan berdasarkan “Body of Knowledge”. Kemampuan memberikan pelayanan khas pada orang lain. Pendidikan standar dan berdasarkan pendidikan tinggi, adanya pengawasan/kontrol terhadap prakteknya dengan menggunakan standar paraktek.
Tanggung jawab dan tanggung gugat anggota untuk tindakan :
Legal (sesuai hukum)
Pergroup
Pegawai
Konsumen/masyarakat /penerima pelayanan


Greaood

Setiap profesi harus memiliki :
Teori yang sisitematis
Otoritas kewenangan
Kode etik (pedoman moral profesi)
Kultural (tat nilai)

Suatu pekerjaan bersifat profesional/tidask tergantung pada kriteria yang ditetapkan

KEPERAWATAN SEBAGAI PROFESI

Dalam hal profesi keperawatan, Program pendidikan keprofesian bertujan menghasilkan ‘Perawat’ yang bertanggungjawab , berkemampuan dan berkewenangan melaksanakan keperawatan dalam segala aspek dengan selalu berpedoman pada kode etik keperawatan sbagai tuntunan.

Keperawatan suatu bentuk pelayanan profesional yang sepenuhnya terintegrasi keda;am pelayanan kesehatan, berbentuj pelayanan bio-psiko-sosial-spiritual yang komperhensif didasarkan pada ilmu dan kiat ke[erawtan di tujukan kepada individu, keluarga dan komunitas baik dakit maupun sehat mencakup seluruh asek kehidupan.

Keperawatan merupakan profesi yang berdasarkan kemanusiaan. Keperawatan meyakini bahwa manusi sebagai penerima pelayanan mempunyai kebutuhan bio-psiko-sosial-spiritual.

Keperawatan sebagai suatu bidang keprofesian dilandasi opleh kelompok ilmu/pengetahuan (body of knowledge) berbagai tehnik/metodekeperawatn dan dilandasi etika keprofesian.

Seorang perawat profesional dalam melakukan asuah kpeperawatan berdasarkan standar yang ditetapkan oleh profesi dengan menjalani pendidikan/latihan yang lama.



CIRI KEPERAWATAN SEABAGI PROFESI

Menurut Flaheti 1980
1.Pendidikan umum dan khusus : umum maksudnya mampu ber[ikir, bernalar, dan manghargai lingkungan, khusus yaitu menghargai kerangka teori yang kuat
2.Pengakuan terhadap kode etik
3.Dedikasi terhadap penguasaan keahlian
4.Keterampilan penuh dalam profesi
5.Akontabilitas tindakan


Kode etik keperawatan berfungsi:
a.Pedoman resmi untuk tindakan profesional yang diikuti oleh orang-orang dalam profesi
b.Kerangka pikir bagi anggoyta profesi untuk mengambil suatu keputusan
c.Menunjukkan standar profesi untuk kegiatan keperawatan dengan pasien
d.Alat untuk menyusun srandar praktek profesional, memoerbaiki, memelihara, standar tersebut.


Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang telah membaca artikel ini, dan saya sebagai penulis hanya ingin meminta do’anya agar saya diberi kelancaran dlam meniti hidup ini.

contact person in 085696970702



Shidiq Widiyanto
NIM : P0032008139

Tidak ada komentar:

Posting Komentar